Mengenali Jenis Kulit dan Karakteristiknya

Mengenali jenis kulit merupakan hal yang penting untuk menentukan perawatan yang tepat, karena jenis kulit tiap orang berbeda. Kulit kita juga seringkali dipengaruhi oleh faktor-faktor lingkungan, seperti udara, sinar matahari dan air yang kita gunakan.  Berikut adalah jenis kulit dan karakteristik kulit yang bisa membantu Anda mengetahui jenis kulit Anda.

Kulit Normal. Jenis kulit normal ditandai dengan permukaan yang lembut, sintal, dan memiliki ukuran pori-pori sedang. Biasanya jenis kulit ini memiliki elastisitas yang bagus, lembut dan padat saat disentuh.

Karakteristik kulit normal adalah tekstur kulit halus dan lembut saat disentuh, kulit sangat jarang mengalami jerawat atau keriput, kulit terlihat bersinar karena sirkulasi darah di wajah lancar. Pori-pori jelas, cerah, dan elastis. Kulit seperti ini paling umum dimiliki anak-anak atau bayi.

Kulit Berminyak. Jenis kulit berminyak terlihat berkilat dan berlapis tebal dengan pori-pori yang besar dan terlihat jelas. Ketika minyak keluar berlebih, akan lebih mudah timbul, blackheads, whiteheads, dan gangguan kulit akibat lemak dan lainnya. Kulit wajah yang berminyak biasanya terdapat di daerah T-Zone (dagu, hidung, dan dahi), karena disana banyak terdapat kelenjar sebasea.

Karakteristik kulit berminyak  adalah pori-pori terlihat besar, mudah berjerawat, memiliki anti penuaan, warna kulit tidak rata serta kasar, tampilan kulit wajah berkilat dan tebal.

Kulit Kering. Jika kulit mengeripik atau terasa ketat di wajah, kemungkinan besar Anda memiliki jenis kulit kering. Namun jika biasanya kulit Anda normal, perubahan menjadi kering ini bisa disebabkan karena kurang minum air putih, sedang musim panas, udara dingin atau akibat hal-hal yang berhubungan dengan faktor lingkungan. Kulit kering juga bisa disebabkan oleh berkurangnya aktivitas kelenjar sebum. Usia lanjut, pengaruh deterjen, penyakit kronis, mandi terlalu sering, berganti sabun, ruangan AC merupakan faktor-faktor yang berperan dalam berkurangnya lipid dipermukaan kulit.

Karakteristik kulit kering adalah pori-pori kecil, kulit kurang bercahaya, kusam, terasa kering dan kesat saat disentuh. Produktivitas kulit mengeluarkan moisture dan sebum (minyak di kulit bulu) sedikit. Mudah mengalami penuaan dini, keriput, dan timbul bintik-bintik (seperti apel kekurangan air). Bersisik saat udara kering atau dingin dan jarang berjerawat.

Kulit Kombinasi. Kulit kombinasi biasanya terdapat pada bagian yang berbeda. Satu bagian berminyak, namun bagian lain terasa kering. Daerah di bagian wajah mereka yang memiliki jenis kulit kering. Area di bagian wajah yang memiliki jenis kulit kering disebut T-zone,  yaitu mengacu pada jenis kulit kombinasi dimana bagian dahi, hidung dan dagu berminyak. sedangkan bagian pipi dan area di sekitar mata merupakan bagian yang biasanya kering.

Karakteristik kulit kombinasi adalah daerah berminyak pada area dahi, hidung, dan dagu. Daerah kering pada pipi, mulut, dan mata. Memerlukan perawatan berbeda untuk setiap area kulit yang berbeda.

This entry was posted in Info Unik. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s