Perawatan Kulit Wajah yang Aman

Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia. semakin meningkat pula gaya hidup masyarakat Indonesia. Terlebih bagi para wanita yang semakin memperhatikan kecantikan dan perawatan wajah. Maka semakin laku penjualan produk kosmetika, terutama untuk mengobati jerawat dan memutihkan serta mencerahkan kulit wajah. Padahal banyak sekali produk kosmetika untuk pemutihan maupun perawatan wajah mengandung bahan-bahan yang sifatnya racun dan menimbulkan iritasi. Antara lain bahan pemutih kulit merkuri, amat bahaya untuk kesehatan badan. Ada pula yang bisa merusak fungsi ginjal. Vitamin C dosis tinggi yang pernah dan kini masih “Trend” untuk disuntikkan dokterm tidak lepas bahaya terhadap fungsi ginjal.

Hal ini dibenarkan oleh Dr. Ko King Tjoen, seorang dokter spesialis penyakit kulit yang telah berpengalaman menangani masalah kulit selama 51 tahun. Dr. Ko salah satu dari 7 orang yang perlu memberi izin produksi maupun import kosmetika di Indonesia. Pernah pula ditugaskan direktorat kosmetika dan alat kesehatan dirjen pengawasan obat dan minuman dekes selama 8 tahun. Beliau menjelaskan untuk bahwa untuk merawat kulit wajah tidak harus menggunakan kosmetik, tetapi cukup dengan banyak mengonsumsi air.

Cerah tidaknya wajah juga amat serius tergantung dari asupan cairan kedalam tubuh. Tubuh manusia dewasa apalagi kita terpapar AC (air conditioner) diruang, mobil dan kantor. Kulit pun menjadi kekurangan cairan, sehingga kulit jadi kering, kusut, keriput. Dibutuhkan air minum antara 2 sampai 3 Liter sehari. Agar kulit terlihat cerah dan organ-organ tubuh berfungsi dengan baik. Sayangnya cairan yang diminum sering mengandung gula, atau pemanis buatan, zat warna, zat kimia dan bahan pengawet. Itu semuanya dapat berdampak buruk terhadap fungsi-fungsi organ tubuh. Gula bisa membuat gemuk.

Hal yang paling aman ialah minum air mineral, atau lebih baik air kelapa muda yang mengandung elektrolit sesuai serum darah. Soal ketergantungan buang air dan kecukupan tidur serta kesehatan gigi geligi juga memegang peran penting bagi kesehatan tubuh termasuk kulit. Banyak pasien jerawat susah sembuh karena BAB(Buang Air Besar) kurang lancar, bahkan juga karena kurang tidur dan stress.

Banyak yang melalaikan kebersihan wajah, yang setiap hari terkena debu, terpapar sinar matahari dan memekai kosmetika dekoratif seperti bedak, lotion dan lain-lain yang mengandung parfum dan bahan-bahan iritatif (zat warna, parfum, baham pengawet). Parfum apapun berpotensi mengiritasikan kulit. Terlebih bila terpapar sinar matahari. Karena itu gunakanlah  semua bahan kosmetika yang aman dan tidak memakai parfum untuk menghindari iritasi.

Kosmetika dekoratif bila dipakai lama di wajah juga menutup pori-pori kulit wajah. Akibatnya kulit wajah tidak bisa “nafas” dan terkadang tumbuhlah jerawat. Nah, ada ribuan kosmetika berbagai merk. Maka banyak yang ingin tahu kosmetik mana yang paling bagus. Pertanyaan itu bisa dengan mudah dijawab. Tidak ada satupun kosmetika wajah yang aman. Yang paling bagus ialah kosmetika yang paling cocok untuk kulit wajah tertentu. Jadi silahkan mencoba sendiri, mana yang cocok, aman, enak, efektif dipakai oleh individu tertentu. Jangan andalkan iklan atau merk, apalagi kemasan cantik yang jauh lebih aman dari isinya. Jangan pula percaya isu-isu pada brosur yang dilampirkan.

Maka yang jelas pakailah kosmetika dekoratif hanya sejenak. Jangan terlalu lama. Bersihkan dengan air mineral. Apalagi pemakaian sabun untuk wajah yang jarang digunakan. Sama sekali salah untuk memakai sabun yang mengandung anti bakteri secara sembarangan apabila untuk wajah. Baca di internet mengapa antiseptika dalam sabun itu kurang baik. Bisa mengakibatkan iritasi pada beberapa orang yang sensitif terhadap antiseptika itu. Lagi pula antiseptika dalam sabun mandi juga membasmi kuman baik pada kulit dan kuman jahat, lama-kelamaan juga bisa resisten , sehingga beberapa pemakai ada yang jadi peka terhadap infeksi kulit.

Kulit adalah organ paling luar dan besar dari tubuh manusia. Sering dan sangat berpengaruh terhadap fungsi organ-organ lain. Misalnya, akupuntur, pijat refleksi, bekam dan lainnya juga dilakukan pada kulit. Maka saat mengobati penyakit kulit yang sedang diderita harus tetap diwaspadai ada penyakit kulit itu sebab atau menyebabkan aneka kelainan organ tubuh. Ada gigi yang rusak, akar gigi yang tidak dicabut, diabetes, fungsi ginjal yang buruk. Semua itu dapat menimbulkan penyakit kulit.

Obat – obat tertentu bisa pula menimbulkan efek samping berupa kelainan kulit bahkan ada yang mematikan. (Sindroma Steven Johnson dan T.E.N )

Kesimpulan, perhatikan kulit dengan baik, kecantikan yang sejati dan lestari tidak terbatas pada kecantikan kulit wajah, tetapi pada kecantikan hati dan iman. Inner beauty is more important than external beauty

This entry was posted in Tips and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to Perawatan Kulit Wajah yang Aman

  1. Terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat…
    Menjaga kesehatan kulit wajah memang sangat dibutuhkan untuk menunjang penampilan kita sehari-hari. Karena kulit wajah yang sehat merupakan aset penting untuk meningkatkan rasa percaya diri kita. Selain menggunakan bahan alami juga bisa mengkonsumsi suplemen yang dapat menjaga kesehatan kulit kita🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s