Indahnya Pemandangan Alam di antara Dua Negara

“Detian Waterfall di Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, terletak di daerah subtropis sepanjang perbatasan Sino-Vietnam, dan merupakan air terjun transnasional terbesar kedua di dunia. Sebuah pemandangan alam yang sangat indah, yang bisa kita nikmati pada musim liburan bersama keluarga”

Pada bagian hulu Sungai Guichun, ada pemandangan yang menarik bagi pengunjung karena pengaturan unik di perbatasan China dan Vietnam yaitu Detian Waterfall. Ini adalah air terjun terbesar di Asia dan air terjun transnasional terbesar kedua di dunia, setelah Niagara Falls di perbatasan AS-Kanada. Dikelilingi oleh puncak Karst yang indah.

Seiring dengan peningkatan hubungan persahabatan antara China dan Vietnam, Detian Scenic Zone didirikan beberapa tahun yang lalu. Kemudian tempat ini dinamakan Air Terjun Detian atau yang lebih dikenal dengan sebutan Detian Waterfall.

Air terjun ini terdiri dari dua bagian. Ada air terjun utama (bernama Detian Waterfall) di sisi Cina Sungai Guichun, dan di sisi Vietnam sungai Ban Gioc Waterfall (Banyue Waterfall). Pada sebuah sumber, Ban Gioc Waterfall As untuk statistik, penurunan kumulatif keseluruhan selama tiga tingkatan air terjun dikatakan 60 meter. Air terjun utama di sisi Cina dikatakan 120 meter lebar. Dari sumber lain, Detian Waterfall memiliki ketinggian lebih dari 200 meter dan memiliki penurunan lebih dari 70 meter.

Air terjun batu berlapis-lapis ini dikelilingi oleh vegetasi hijau. Tingkat feed terjun ke satu sama lain menciptakan pemandangan yang begitu luar biasa. Berbagai warna yang muncul dari air terjun menyerupai kaleidoskop hidup, menciptakan pusaran air terus berubah warna tepat di depan mata Anda. Dan sebelum matahari terbit, Anda bisa melihat percikan air dan terjun ke lembah di bawah mengangkat kabut.

Saat matahari terbit, kabut mulai menghilang dan menghasilkan pelangi yang tampak indah di pagi hari. Pada siang hari, pengunjung akan merasakan pemandangan berbeda yaitu mendengar dengan jelas suara gemericik aliran air yang deras.  Suara ini berasal dari aliran air yang menuruni tebing dengan cepat sehingga  menimbulkan suara yang dapat didengar dari beberapa kilometer jauhnya. Saat senja, matahari terbenam tepat dengan latar belakang air terjun, memberikan senja turun tampilan tirai berkilauan perak. Dikatakan bahwa luminositas dan warna menarik dari Detian Waterfall sunset adalah saat yang paling ditunggu oleh para wisatawan, karena keindahan senja yang begitu menawan.

Untuk menikmati keindahan air terjun ini dari jarak lebih dekat, Anda bisa naik di atas rakit bambu yang telah disediakan disana. Melihat air terjun dekat dengan rakit bambu adalah suatu keharusan, dan itu cukup menghibur bagi para wisatawan lokal maupun asing.

Daerah sekitar Detian Waterfall ini memiliki empat musim yaitu musim semi, musim gugur, musim panas dan musim dingin. Perubahan musim mengubah pemandangan alam, air terjun sepanjang tahun. Pada musim semi, bunga api merah dari pohon kapuk yang mekar penuh dan mengelilingi air terjun, melambangkan kesuksesan. Sepanjang bulan musim gugur, daerah sekitar air terjun berubah kuning keemasan, menciptakan adegan panen. Di sisi lain air bersih pada musim gugur turun perlahan, membuat pengunjung merasa lebih senang. Detian Waterfall tampaknya menjadi patung indah yang dibuat oleh alam.

Di musim panas, Anda merasakan pikiran bebas tanpa beban dan semangat berbeda karena mereka melihat perairan jatuhnya kaskade dengan kekuatan momentum berupa longsoran salju. Selama musim dingin, kesejukan hati dan pikiran dapat Anda rasakan karena hawa sejuk dan pemandangan yang sangat indah. Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun Detian adalah antara Juli dan November. Karena bulan tersebut adalah tepat pada musim hujan sehingga keindahan air terjun akan terlihat jelas dan pemandangan hijau berupa pepohonan di sekitarnya menambah keindahan Detian Waterfall.

Selain air terjun, ada banyak pemandangan lain yang bisa dinikmati di Scenic Area Detian, pemandangan subtropis khas, termasuk Sungai Air Hitam (Heshiu he) dan Naga Teluk yang dijuluki “Lesser Guilin”.

Lima puluh tiga kilometer jauhnya dari County Seat Daxin adalah Mingshi Atraksi Wisata, tingkat negara bagian tempat indah yang dikenal sebagai Lesser Guilin. Sejuknya hembusan angin yang berhembus melewati bukit-bukit hijau dan tanah datar, dan tepi yang dihiasi dengan rumpun bambu. Perairan tenang sungai, bersama dengan perbukitan hijau, sawah bertingkat, dan rumah-rumah petani di sekitar Mingshi Detian Waterfall Bridge, membentuk pemandangan pedesaan yang indah.

Heishui (Black Water) River Tourist Attraction adalah pemandangan lain jaraknya sekitar 33 kilometer dari County Seat Daxin. Tempat ini terletak di bagian 45.5-kilometer dari sungai yaitu antara Shatundie Waterfall in Shuolong Township dan Stasiun PLTA Leipingnaan. Selain sungai, ada sejumlah pohon dan puncak berbentuk aneh, yang refleksi terbalik dalam air biru sungai adalah warna hitam. Dengan puncak, rumpun pohon bambu dan lengkeng, dan rumah-rumah petani, bagian sungai tampak seperti tinta Cina yang elegan dan mencuci lukisan sepanjang musim.

Shatundie Waterfall, juga dikenal sebagai Niandi Waterfall, adalah 55 kilometer jauhnya dari County Seat Daxin. Penurunan memiliki tujuh tingkatan, dan jika Anda melihatnya dari jauh, sepertinya penerbangan langkah terbuat dari air. Dibandingkan dengan terjun Detian, itu moderat dan tenang.

Berbagai macam pemandangan menarik ini menjadi daya tarik kuat bagi para wisatawan asing. Terbukti dengan jumlah pengunjung yang setiap harinya selalu bertambah. Pemandangan yang luar biasa ini dapat kita nikmati bersama keluarga, pasangan dan sahabat kita.

This entry was posted in Destination. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s