Batu Giok Bisa Melindungi dan Membawa Hoki

atu Giok bagi masyarakat Tionghoa merupakan batu spesial yang dipercaya memiliki daya magis. Benda berwarna hijau ini diyakini bisa memberikan manfaat untuk kesehatan  bagi si pemakainya. Sejak ribuan tahun lalu kepercayaan ini melekat turun- temurun hingga hari ini.

Warna batu giok bermacam-macam, ada yang putih susu, putih kehijauan, hijau, hijau tua bahkan ada juga yang berwarna abu-abu dan kemerah-merahan atau merah-coklat. Namun batu giok yang paling dicari dan diminati adalah yang berwarna hijau tua bening.

Batu giok juga dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain sebagai jimat atau barang hoki, menolak keracunan atau infeksi, mengusir hawa negative atau ilmu hitam, meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan rumah tangga, menghindarkan permusuhan dan rasa putus asa.

Selain digunakan sebagai hiasan, batu Giok juga dipercaya memiliki khasiat penyembuhan. Sebagai salah satu sumber energi alam, batu ini diyakini bisa membawa ketenangan bagi si pemiliknya. Batu Giok kerap digunakan untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Tidak hanya itu, Batu Giok juga ternyata bisa menghilangkan penyakit pinggang dan ginjal. Bahkan salah satu keyakinan atas khasiat Giok adalah, seseorang akan diberikan umur panjang jika merokok menggunakan pipa yang terbuat dari batu Giok.

Sesuai kepercayaan masyarakat Tiongkok kuno,  batu giok dipercaya merupakan simbol dari harapan akan peruntungan yang lebih baik dan kehidupan yang bahagia.Oleh sebab itu, tak sedikit orang meyakini batu giok memiliki khasiat “melindungi” seseorang dari hawa jahat. Tak heran jika anak-anak kecil di Tiongkok sudah dipakaikan kalung giok sejak  bayi.

Sebagian warga Tionghoa batu giok dianggap sebagai pembawa hoki atau keberuntungan.  Ternyata batu yang sering disebut batu misterius ini memang  memiliki banyak manfaat.  Selain sebagai perhiasan, batu ini juga sering dimanfaatkan sebagai perlindungan khususnya di zaman kekaisaran.

Bagi masyarakat Tionghoa,tak ada perhiasan paling memikat kecuali batu giok. Karenanya, bisa dilihat sehari-hari, batu giok ini pun akrab dengan kehidupan masyarakat Tionghoa untuk dipakai sebagai liontin, gelang ataupun batu cincin. Merupakan satu kebanggaan  tersendiri saat  batu giok melingkar di tubuh seseorang.  Apalagi dengan warna kehijauan mengkilap tentunya akan terlihat lebih bergengsi.

Batu Giok berasal dari daerah Ningshao yang terletak di Delta Sungai Yangtze, Cina dan sudah digali sejak ribuan tahun lalu. Selain itu, Giok juga kerap ditemukan di wilayah provinsi Liaoning dan Mongolia. Namun batu Giok juga kerap ditemukan di benua lain seperti di Amerika.

Batu Giok sudah menghiasai pakaian raja-raja Cina pada masa lampau. Dibuktikan dengan ditemukannya reruntuhan bangunan sisa berdirinya Dinasti Shang (4.700-2.200 Sebelum Masehi). DI mana batu Giok sudah dijadikan hiasan di makam-makam raja Shang.

Pada zaman dahulu, batu Giok sangat bernilai tinggi dan bahkan melebihi nilai emas dan berlian di dunia Barat. Batu ini pun menjadi material favorit bagi para pengrajin Cina untuk membuat berbagai kerajian seperti kaligrafi dan elemen dekoratif lainnya.

Selain itu juga Batu Giok biasa digunakan untuk menghiasi benda-benda terbaik dan patung tokoh yang dikultuskan. Tidak hanya itu, baru Giok juga biasa digunakan untuk menghiasi ornamen kuburan bagi keluarga kaisar atau pembesar Cina lainnya.

Batu giok terdiri dari dua macam, yaitu nephrite dan jadeit. Keduanya sebenarnya adalah mineral yang berbeda, jadeit lebih keras daripada nephrite tapi lebih gampang retak. Sedangkan Jadeite kurang lebih sama kerasnya dengan batu quartz. Batu giok yang berwarna putih biasanya adalah nephrite dan yang digunakan dan bernilai tinggi di Cina pada saat itu adalah nephrite.

Sementara itu, biru kehijauan, oranye kemerahan dan warna lavender biasanya selalu jadeite, jenis batu yang lebih langka dan berharga pada saat ini. Batu giok mempunyai nilai keras 6-6.5 (Nephrite), 6.5-7 (Jadeite) berdasarkan daftar keras Mohs. Nephrite terbuat dari silikat kalsium dan magnesium, sedangkan jadeite adalah silikat natrium dan alumunium.

This entry was posted in Info Unik. Bookmark the permalink.

One Response to Batu Giok Bisa Melindungi dan Membawa Hoki

  1. Deny says:

    Menurut Pengetahuan Saya selama ini, Batu Giok Memang Memiliki Energi alami yang bisa melindungi diri dan mendatangkan Banyak keberuntungan.

    Berenergi yang bisa memancarkan energi alami tersebut. Untuk Mengetahui Informasi batu giok Asli dan Berenergi tersebut,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s