Orang Hebat Dibentuk Melalui Kesulitan, Tantangan dan Air Mata

klinikkeluarga.files.wordpress.com

Calon kupu-kupu  yang berada di ujung dahan sebuah pohon yang kokoh tengah menggeliat berusaha keluar dari dalam kepompong. Calon kupu-kupu itu terus menggeliat, namun karena lubang pada kepompong terlalu kecil membuat calon kupu-kupu mengalami kesulitan untuk keluar. Setelah sekian waktu menggeliat, calon kupu-kupu itu terdiam sejenak, mungkin istirahat karena kelelahan.

Dari kejauhan tampak seseorang tengah memperhatikan calon kupu-kupu, lalu orang itu mendekati kupu-kupu  yang masih terdiam itu. Timbul lah perasaan iba melihat calon kupu-kupu  itu, lalu dia bertekad membantu mengeluarkan calon kupu-kupu dari dalam kepompong. Dengan sangat hati-hati orang itu mulai membedah kepompong itu dengan alat yang tadi sempat dia ambil sebelum mendekati calon kupu-kupu sampai akhirnya kulit itu terbuka. Orang itu merasa lega, namun dia merasa heran karena kupu-kupu itu badannya kecil dan sayapnya tidak bisa mengembang dengan sempurna. Walapun kupu-kupu itu terus berusaha, tetapi kupu-kupu itu tetap mengepakkan sayapnya dan yang lebih menyedihkan kupu-kupu itu tidak pernah bisa terbang.

Pelajaran yang bisa dipetik dari kisah kupu-kupu itu adalah saat kesulitan yang datang menerpa, akan menjadikan kita sosok yang kuat dalam menjalani kehidupan. Dari kisah diatas, sebenarnya kupu-kupu tersebut masih dalam proses untuk menguatkan tubuh dan sayapnya. Namun karena datangnya bantuan, justru membuat proses tersebut terganggu dan membuat sang kupu-kupu menjadi lemah dan tidak bisa terbang.

Begitu juga dengan kita, ketika kita sering mengalami kesulitan dan cobaan hidup, maka kita harus berusaha untuk mencari jalan keluar dengan menggunakan seluruh potensi dan kemampuan yang kita miliki, yang berarti kita tengah menguatkan sayap-sayap kita untuk kuat terbang menuju kesuksesan.

Ingatlah! Kemudahan dan kenyamanan dalam hidup menyebabkan kita menjadi statis dan tidak memiliki variasi hidup yang dapat menyebabkan kemacetan untuk mengembangkan kreativitas dan penempaan mental kita. Karena sebenarnya kesulitan-kesulitan adalah obat yang tepat, agar kita tetap menjadi dinamis dan berkembang suatu kreativitas kita.

Orang-orang yang sukses adalah orang yang suka dengan tantangan dan kesulitan, karena disitulah mereka dapat menemukan semangat dan gairah hidup. Bahkan mereka tak segan sengaja melakukan atau membuat kesulitan-kesulitan ketika kondisi mereka sudah nyaman.

“Tuhan menaruhmu ditempatmu yang sekarang, bukan karena kebetulan. Orang yang hebat tidak dihasilkan melalui kemudahan, kesenangan dan kenyamanan. Mereka dibentuk melalui kesukaran, tantangan dan air mata.” Dahlan Iskan (Menneg BUMN).

This entry was posted in Cerita Motifasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s