Siapakah Tokoh Penemu Radio Pertama Kali ?

notasimediaerni.wordpress.com

Bicara soal radio, masih adakah yg tidak tahu benda satu ini? Ya… radio adalah sebuah teknologi yang digunakan sebagai pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi gelombang elektromagnetik. Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara. Bagaimana Barang elektronik ini pertama kali diciptakan? Siapakah yang pertama kali menemukannya? dan siapakah yang mempopulerkannya? Mari kita simak lebih dalam.

Pada awal tahun 1890-an seseorang bernama Guglielmo Marconi yang berkebangsaan Italia, menciptakan inovasi-inovasi atas dasar peralatan yang diciptakan oleh Hertz. Guglielmo Marconi telah berhasil meningkatkan jarak pancar gelombang elektromagnet dan mengisinya dengan informasi, sehingga peralatan transmitter dan receiver yang diciptakannya dapat memindahkan informasi dari satu tempat ketempat lain tanpa kawat.

Guglielmo Marconi mulai mengkombinasikan teori-teori yang sudah ada dengan idenya sendiri yang dimulai pada tahun 1895. Ia adalah orang pertama yang mengirimkan sinyal radio melalui udara, dengan menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan kode sinyal telegeraf dalam jangkauan dari 1,5km. Dan pada tahun 1896 dia memperagakan alat penemuannya di Inggris dan memperoleh hak paten pertamanya untuk penemuan tersebut.

Kemudian Berbagai penelitian pun terus dilakukan untuk menyempurnakan penemuan tersebut. Adalah Edwin Howard Armstrong yang menemukan frequensi FM (frequency modulation),
Pada tahun ketiga di Universitas Columbia, Armstrong memperkenalkan temuannya, berupa penguat gelombang radio pertama (radio amplifier). Penemuan tersebut sebenarnya sudah ditemukan terlebih dahulu oleh Lee De Forest yang menggunakan Tabung Audion yang diberi nama tabung Lee De Forest. Namun, gelombang yang dipancarkannya masih terlalu lemah.

Armstrong mempelajari cara kerja tabung Lee DeForest dan kemudian mendesain ulang dengan mengambil gelombang elektromagnetik yang datang dari sebuah transmisi radio dan dengan cepat memberi sinyal balik melalui tabung. Hanya sesaat, kekuatan sinyal akan meningkat sebanyak 20.000 kali per detik. Fenomena ini oleh Armstrong disebut dengan “regenerasi radio”, yang merupakan penemuan penting dan perlu saat radio pertama kali ada. Dengan pengembangan ini, para teknisi radio tidak memerlukan 20 ton generator lagi agar stasiun radio mereka mengudara. Desain sirkuit tunggal temuan Armstrong menjadi kunci kelangsungan gelombang transmitter yang menjadi inti operasional radio. Dan dia lulus sarjana teknik tahun 1913. Atas temuannya tersebut, Armstrong mematenkan ciptaannya dan memberi lisensinya pada Marconi Corporation tahun 1914.

Pada tahun 1918, Edwin H Amstrong mengembangkan alat penerima gelombang radio, yang biasa disebut Super heterodyne circuit. pada tahun 1933 Amstrong memperkenalkan sistem radio FM (Frequenci Modulation), yang memberi penerimaan jernih meskipun ada badai dan menawarkan suara yang lebih jernih meskipun ada badai, dan menawarkan ketepatan suara yang tinggi. Sistem tersebut juga dapat menyediakan sebuah gelombang tunggal membawa dua program radio dalam sekali angkut, yang biasa disebut dengan multiplexing.

Perbedaan antara gelombang AM dan FM adalah cara modulasi suaranya. Gelombang FM mempunyai range tamabahan sebesar plus 455 KHz, jadi, jika ada frekuensi radio 88,00FM, sebenarnya dia menggunakan frekuensi 88,00 MHz + 455KHz, penambahan 455 Khz merupakan gelombong FM yang memodulasi suara secara digital. Atas kejernihan suara yang dihasilkan diawal 60-an, saluran FM mendominasi sistem radio, dan bahkan digunakan untuk komunikasi antara bumi dan luar angkasa oleh Badan Antariksa Nasional Amerika, NASA

This entry was posted in Info Unik. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s