Ruangan Kian Cantik Berkat Tanaman Indoor

tipspetani.blogspot.com

Rumah merupakan tempat yang tepat untuk beristirahat, melepas penat dan bercengkerama dengan keluarga. Rumah yang nyaman dan sehat tentu menjadi idaman semua orang. Beberapa konsep dekorasi sering diaplikasikan untuk mendapatkan suasana rumah yang sesuai selera. Konsep rumah yang asri misalnya, bisa didapatkan dengan menggunakan tanaman sebagai elemen dekorasi.

Rumah dan tanaman adalah satu kesatuan yang harmonis, penempatan tanaman dalam ruang akan menciptakan suasana nyaman dan mempercantik ruangan. Menempatkan tanaman dibeberapa titik ruangan rumah juga mampu menghadirkan suasana lebih asri. Tanaman juga dapat menunjang konsep yang ingin ditonjolkan dalam interior ruangan, tampilan interior rumah pun akan menjadi lebih cantik. tanaman ini sering disebut dengan tanaman indoor.

Tanaman indoor umumnya adalah tanaman yang dapat hidup dengan cahaya matahari terbatas, bahkan ada tanaman yang warna daunnya akan lebih mengkilap bila diletakkan dalam ruangan. Tanaman yang dapat dipilih adalah berbagai jenis palem, dracena sanderiana, sphatiphyllum, sanseviera, philodendron dan aglaonema constatum atau aglaonema siam aurora.

Namun pemilihan tanaman indoor ini perlu diperhatikan dari jenis dan fungsinya, walaupun tidak semua tanaman indoor berbahaya bagi kesehatan. Anda bisa memilih tanaman yang bisa menyerap zat yang berbahaya seperti dieffenbachia, palem kipas, sansiviera, lili paris dan spatiphylum. Selain itu, ada juga tanaman yang dapat menghadirkan oksigen pada malam hari seperti lidah buaya dan bunga aster philodendrom.

Selain itu, tanaman yang diletakkan dalam rungan juga berfungsi sebagai anti polutan, yang artinya tanaman indoor ini dapat menghilangankan pencemaran udara atau gas beracun yang berada didalam ruangan tersebut dengan cara menyedotnya lalu menggantikannya dengan udara segar. Polutan yang berasal dari furniture, cat dinding, asap rokok, lem, bahan pembersih dll, dampak dari polutan adalah dapat menyebabkan penyakit seperti gangguan pernapasan, alergi kulit, mata, radang tenggorokan, iritasi kelenjar mulut bahkan dapat menjadi pemicu kanker hati. Dengan pemilihan yang tepat, tanaman justru dapat menghadirkan udara segar dan ruangan terlihat asri.

Penempatan tanaman indoor juga harus disesuaikan dengan konsep desain interior. Sebagian besar rumah mengusung konsep modern minimalis atau klasik. Untuk menghadirkan tanaman dirumah modern minimalis, kita bisa menggunakan pot simple dan modern yang bisa ditempatkan pada bagian sudut-sudut ruangan.

Sedangkan untuk rumah yang berdesain klasik, pilihlah pot tanaman berornamen keramik dengan motif dan ukiran dapat menjadi pilihan yang menarik untuk ruangan Anda. Penempatan tanaman indoor ini tak jauh beda dengan rumah desain modern minimalis, perbedaannya terletak pada warna media pot yang lebih berani seperti merah dan coklat.

Perawatan tanaman indoor ini tidak terlalu sulit, hanya pada waktu tertentu kita bisa mengeluarkan tanaman indoor ini dari dalam rumah. Anda juga bisa mengikuti cara merawat tanaman indoor seperti berikut;
lakukan pemupukan secara rutin, karena tanaman ini hanya memperoleh makanan dari pot yang terbatas.
Gantilah pot secara teratur seiring dengan pertumbuhan tanaman, agar ukuran pot tetap sesuai dengan ukuran tanaman.
Keluarkan tanaman seminggu atau dua minggu sekali, agar tanaman mendapat sinar matahari selama dua dampai tiga jam.
Pangkas batang kering atau daun-daun yang layu dan tua secara rutin.
Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menghadirkan tanaman dalam rumah Anda. Sebab dengan adanya tanaman indoor didalam rumah kita, akan membuat rumah kita semakin terlihat asri dan menarik. selain itu, dengan adanya tanaman tersebut rumah kita akan terasa lebih nyaman dan segar. Jadi sudah tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak menempatkan tanaman di dalam ruang rumah kita.

This entry was posted in Home Living. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s