Pink Island yang Eksotik di Pulau Komodo, NTT

Foto: pedomanwisata.com

Terpilihnya Taman Nasional Komodo sebagai salah satu ‘New 7 Wonders of Nature’ tentu membuat bangga bangsa Indonesia, karena salah satu pulau dari ribuan pulau yang terdapat di Indonesia menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Dengan hasil ini, setidaknya memberikan dampak postitif bagi Indonesia, salah satunya dalam segi pariwisata dan bisnis. Terbukti dari melonjaknya para wisatawan lokal maupun mancanegara yang berlomba-lomba mengunjungi Taman Nasional Komodo.

Taman Nasional Komodo terletak di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Wilayah kawasan Taman Nasional itu mencakup sejumlah pulau. Gugusan pulau-pulau itu berbaris di antara Flores dan Sumbawa di Nusa Tenggara Barat.Pulau ini adalah habitat asli Komodo. Hewan bernama Latin, Varanus komodoensis adalah kadal terbesar di dunia. Beratnya rata-rata 70 kilogram. Dengan penglihatan tajam, gigi setajam pisau, liur beracun, dan kemampuan berburu luar biasa. Komodo bisa bergerak dengan kecepatan 20 kilometer per jam.
Untuk mencapai Pink Beach, cukup mudah, dari Bali Anda terbang ke Labuan Bajo, kemudian menyewa speedboat atau kapal nelayan dari Labuan Bajo menuju Pulau Komodo. Sebelum sampai ke Pink Beach, biasanya para turis mampir dahulu Taman Nasional Komodo di Loh Liang untuk melihat langsung kehidupan komodo liar.

Selain kadal raksasa yang bersejarah, taman itu juga menyimpan pesona bawah laut dan panorama yang elok di mata. Coba Anda tengok pantainya, ada sesuatu yang berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Indonesia. Ya, hamparan pasir bukanlah berwarna putih, melainkan pink atau merah jambu.

Foto: blog.gogonesia.com

Pantai ini memang indah dan unik. Hamparan pantai dengan latar belakang air laut bergradasi biru, perbukitan hijau, langit biru dengan awan putih yang menyelimuti, matahari yang cerah, dan hamparan pasir berwarna pink. Itulah keistimewaan yang dimiliki pantai ini.

Asal usul pasir merah ini juga tidak pasti., banyak yang bilang hamparan pasir pink ini terbentuk dari pipe corral atau terumbu karang berbentuk pipa yang mati secara alami kemudian hancur menjadi butiran halus pasir berwarna merah muda.

Namun kabar lain mengatakan sebenarnya warna pink ini dihasilkan karena adanya hewan mikroskopik semacam amuba bernama Foraminifera yang memproduksi warna merah atau pink terang pada karang, tak heran apabila kita mengambil sejumput pasirnya, maka terlihat pasir berwarna merah di antara pasir putih.

Keindahan dan eksotiknya pantai ini terlihat saat ombak menyapu pasir dan menariknya kembali, maka warna pasir tersebut berubah menjadi pink tua, sangat indah. Butiran pasirnya yang halus dan lembut, terasa empuk saat berjalan atau berjemur di atasnya.

Selain itu, di Pink Beach tidak ada bangunan apa-apa dan tidak dihuni satu penduduk pun. Pantainya kosong. Sebuah pantai yang tak bertuan.Yang ada hutan hijau, tebing, bukit dan hempas halus ombak pantai dengan panorama pink yang menawan. hal ini tentu saja sangat disukai oleh para wisatawan yang lebih menyukai pantai yang tenang dan indah.

Bagi Anda yang hobi fotografi, diving, snorkeling, atau sekedar bersantai-santai sambil bermain pasir disinilah tempat yang cocok. Aneka ikan hias seperti clown fish (ikan Nemo), butterfly fish, bat fish dan masih banyak lagi menggoda siapapun untuk berenang, bersnorkeling dan diving. Disamping itu juga banyak hard corals dan soft corals yang berwarna-warni dan masih sehat. Panoramanya pun indah. Pantai ini berlatar belakang perbukitan yang memang tak sulit didaki. Bentuk bukitnya ada yang menyerupai stupa.

Sebagai catatan, setiap pengunjung yang datang ke pantai ini, akan ditemani oleh seorang petugas perlindungan Taman Nasional Komodo, yang disebut Jagawana. Untuk sekedar menjaga keselamatan Anda, karena komodo menjadi penghuni tetap pulau ini yang juga senang berjemur di kawasan pantai. Karena di pantai ini tidak ada warung atau restoran, disarankan Anda membawa perbekalan sendiri secukupnya. Selamat Berlibur !

This entry was posted in Destination. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s