Kembangkan Karakter & Kepribadian Anak Lewat Ekstrakurikuler

Foto by: wanitacosmo.com

Lucu dan gemesin ya jika melihat anak perempuan kita di usia balita sudah dapat merespon musik, apalagi jika sambil mengoyang-goyang pinggulnya. Atau anak lelaki Anda memiliki keberanian dibanding teman seusianya. Tahu tidak, kalau ciri seperti itu berarti anak Anda mempunyai sense musik yang besar atau berbakat menjadi pemimpin. Saatnya Anda harus peka, Anda harus mencari wadah yang dapat mengembangkan rasa ingin tahu dan kreativitas si kecil. Salah satunya melalui kelas balet atau olah raga bela diri.

Yang pertama adalah balet. Balet bukan hanya menonjolkan seni semata, tetapi lebih dari itu. Tarian ini mempunyai pengaruh positif pada aspek perkembangan anak, baik mental maupun fisik.  Di antaranya membentuk tubuh sekaligus kepribadian anak. Tari balet berpengaruh positif terhadap perkembangan fisik dan psikis anak karena bisa dijadikan ajang bagi mereka untuk berlatih membentuk tubuh sekaligus kepribadian. Selain itu, balet juga ada pengaruhnya dalam membentuk kecerdasan sosial bagi anak. Les balet akan mengajari anak untuk pandai bersosialisasi, berkelompok, dan bekerjasama.

Ms. Leonny, salah satu pengajar balet di Trinity Music & School, Pantai Indah Kapuk, Jakarta, yang menyatakan bahwa selain menyehatkan, tarian balet juga sangat bermanfaat untuk perkembangan kepribadian anak. “Melalui kelas balet ini, anak akan diajarkan bersosialisasi, berkoordinasi dan bekerjasama. Selain itu juga melalui balet kita dapat melatih imajinasi serta mensinergikan kemampuan otak dan motorik anak,” tutur Ms. Ony, sapaan akrabnya.

Selain itu, Ms. Ony juga mengatakan bahwa dengan balet kita dapat melatih kedisiplinan karena ketika anak mengikuti kelas balet, tentu mereka harus datang tepat waktu dan mengikuti aturan yang berlaku di dalam kelas. “Disini, anak akan dituntut untuk disiplin dan bekerjasama dengan teman sebayanya. Dengan sering dilatih seperti itu si anak akan terbentuk mental dan kepribadiannya. Apalagi bila si anak dapat tampil di depan umum/ banyak orang. Nah di Trinity Music ini ada program seperti big performance/ pementasan yang diadakan setahun sekali. Melalui perform tersebut rasa percaya diri anak tentu akan semakin terlatih,” tambah wanita yang mulai mengajar balet sejak tahun 2004 ini.

Lalu bagaimana bila kita memiliki anak lelaki yang identik memiliki karakter pemberani dan tidak takut dalam segala hal? Bila anak Anda memiliki ciri tersebut, janganlah memarahi atau mencegahnya, tapi kembangkan karakter dan bakatnya melalui olah raga bela diri. Hal ini sangat baik untuk menumbuhkan kemandirian, kedisiplinan dan fokus dalam segala hal.

Sensei Arman Priadi dari Family Martial Arts (FMA) yang mengajarkan olah raga bela diri Chanbara (Olah raga bela diri asal Jepang), mengatakan bahwa melalui bela diri kita dapat membentuk karakter dan kepribadian anak.  “Ada 3 aspek yang ditekankan di FMA, yaitu Mind, Body and Spirit. Pikiran (Mind) mereka akan dibentuk lewat pendidikan character development dari program kami. Dengan berlatih bela diri Chanbara, tentunya tubuh (Body) mereka akan dilatih untuk menjadi lebih sehat dan kuat. Semangat (Spirit) akan ditanamkan lewat kompetisi Chanbara, yang menekankan pada kejujuran dan semangat untuk tidak mudah menyerah,” tuturnya ketika diwawancarai Commagz.

Selain itu beliau juga menanamkan 6 aspek utama dalam membangun dan membentuk karakter anak agar mereka tumbuh menjadi anak yang mandiri dan mampu berkompetisi di masa yang akan datang. “Di FMA kami menekankan 6 Aspek utama dalam membentuk karakter anak. Kami menyebutnya, F.A.B.I.A.N: Focus/ fokus dan bertanggung jawab pada hal yang mereka lakukan dan untuk selalu mengasihi keluarganya (Family), Attitude/ sikap yang baik harus dimiliki oleh setiap anak didik kami, karena kemampuan tanpa sikap yang baik hanya akan menjadi kesombongan, Bravery/ keberanian untuk maju, berani berkata benar dan berani mengakui kesalahannya , Integrity/ integritas ditanamkan sebagai satu kesatuan dengan keberanian, karena tanpa sebuah integritas, keberanian hanya akan berujung kepada sikap sok jagoan, Accountable/ dapat diandalkan yakni anak diharapkan tumbuh menjadi pribadi yang selalu dapat diandalkan dimanapun mereka berada, dan yang terakhir adalah karakter pantang menyerah atau Never Give Up, mereka diajarkan apabila jatuh 7x mereka harus bangun 8 kali. Semua ini dituangkan dalam sebuah Janji Siswa (Student Creed) yang harus diingat dan dilakukan oleh mereka,” tambahnya.

Dengan manfaat yang ditawarkan oleh berbagai kursus dan lembaga diatas, tidak heran jika kini sanggar tari balet dan kelompok bela diri semakin menjamur jumlahnya di perkotaan. Seperti di sanggar balet Trinity Music & School dan Family Martial Arts yang dapat mengembangkan bakat dan karakter anak. Jadi mulai sekarang kembangkan kepribadian dan karakter anak Anda sejak dini lewat ekstrakurikuler/ pendidikan di luar sekolah untuk mendapatkan beragam manfaat tersebut. Karena pada usia balita adalah masa si anak mengalami masa keemasan dalam otaknya.

This entry was posted in Umum. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s