Tahukah Anda Bahwa Semut Itu Buta?

Semut adalah serangga eusosial yang berasal dari keluarga Formisidae, dan semut termasuk dalam ordo Himenoptera bersama dengan lebah dan tawon. Semut telah menjadi simbol dan contoh budaya antri dan kerjasama. Mereka hidup dalam jumlah yang sangat banyak, dan mereka “bergotong royong” untuk setiap makanan yang akan mereka bawa kembali ke sarangnya. sering sekali semut terlihat berjajar dalam satu baris, pernahkah terpikir oleh Anda bahwa semut itu adalah binatang yang buta?

Ya, sebagian besar bangsa semut adalah binatang yang tidak dapat melihat. kepalanya banyak dilengkapi dengan sensor untuk mendeteksi keadaan sekitarnya tanpa harus melihat. Hanya sebagian kecil spesies semut yang dapat melihat, tapi penglihatan mereka pun sangat buruk.

Semut memiliki mata majemuk yang terdiri dari kumpulan lensa mata yang lebih kecil dan tergabung untuk mendeteksi gerakan dengan sangat baik. Mereka juga punya tiga oselus di bagian puncak kepalanya untuk mendeteksi perubahan cahaya dan polarisasi, semut sangat bergantung kepada dua antena yang ada di kepalanya “feelers”. Atena ini digunakan oleh semut untuk mengirimkan dan menerima sinyal semut lainya melalui sentuhan. dengan antena ini bisa membantu mereka mendeteksi bahan kimaia, getaran disekitarnya dan keadaan udara.

This entry was posted in Info Unik and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to Tahukah Anda Bahwa Semut Itu Buta?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s